Aluminium Composite Panel: 7 Keunggulan ACP yang Patut Anda Perhitungkan Dalam Perencanaan Proyek Anda

Aluminium Composite Panel saat ini menjadi trend sebagai pelapis dinding baik eksterior maupun interior. 
Hal ini karena produk atau material yang satu ini memiliki lebih banyak keunggulan dibandingkan dengan produk pelapis dinding lainnya.
Apa sajakah keunggulan atau kelebihan dari Aluminium Composite Panel / ACP ini?

Alcopan
Aluminium Composite Panel sebagai Wall Facade Gedung

Berikut 7 keunggulan Aluminium Composite Panel / ACP:

1. Aluminium Composite Panel memiliki ketahanan yang tinggi
Permukaan anti gores dan tidak mudah pecah apabila dilengkungkan sampai sudut tertentu. Permukaan panel yang telah bercat warna tidak akan berubah dan tetap seperti aslinya dalam jangka waktu yang lama walaupun terkena cuaca buruk.

2. Tahan terhadap cuaca
Aluminium Composite Panel / ACP memiliki ketahanan yang baik terhadap asam, garaam, korosi dan sinar UV /Ultra Violet.
3. Ringan dan mudah dalam pengaplikasiannya
Aluminium Composite Panel/ACP mempunyai berat sekitar 3.5 kg sampai dengan 6 kg untuk per m2. Hal ini yang membuat proses fabrikasi - mulai dari pemotongan, grooving / routing, pengeboran, penguncian dan proses lainnya mudah untuk dikerjakan dengan menggunakan alat yang sederhana.

4. Fire Ressistant / Tahan Api
Aluminium Composite Panel/ACP tebal 4 mm terdiri dari bahan Polyethylene (PE) pada bagian tengahnya yang memiliki ketahanan yang baik terhadap api, juga pada 2 sisinya diapit oleh bahan aluminium (tebal mulai 0.21mm - 0.50mm) yang dikenal juga sebagai bahan yang sulit terbakar.

ACP Seven
Aluminium Composite Panel - ACP tebal 4mm

5. Aluminium Composite Panel / ACP memiliki banyak variasi warna dan motif
Aluminium Composite Panel menyediakan lebih dari 35 warna standard dan berbagai macam motif seperti motif serat kayu, motif embossed, brushed, mirror, dan granit bahkan pada kasus dan permintaan tertentu bisa memesan warna khusus sesuai dengan kebutuhan Anda.
jiyu
Warna-Warna Aluminium Composite Panel / ACP
6. Perawatan / Pemeliharaannya Mudah
Karena Aluminium Composite Panel ini dibuat dengan coating cat yang tidak mudah luntur bahkan noda tidak mudah menempel pada permukaannya menyebabkan produk ini tidak perlu sering dibersihkan. 
Namun pada area dengan tingkat polusi yang sangat tinggi perlu dibersihkan dengan menggunakan cairan pembersih yang aman bagi produk bercat spt ACP ini serta ramah terhadap lingkungan. 

7. Tersedia PVDF (Poly Vinyl De Fluoride) Untuk Eksterior dan PE (Polyester) untuk Interior
Aluminium Composite Panel dibedakan menjadi 2 kategori yakni PVDF yang diperuntukkan pemasangan di luar atau eksterior gedung karena jenis ini lebih tahan terhadap segala jenis cuaca, sehingga lapisan warna dapat bertahan lebih lama dan PE untuk pemasangan pada bagian dalam gedung.
Jenis coating PVDF (Poly Vinyl De Fluuoride) biasanya ketebalan lapisan aluminiumnya dimulai dari 0.21mm, 0.30mm,0.40mm, dan 0.50mm. Oleh karena itu jenis PVDF ini sangan disarankan untuk bagian luar / wall facade gedung perkantoran, bank, hotel, gedung pencakar langit atau high rise building dan lain sebagainya.
Sedangkan PE (Polyester) diperuntukkan pemasangan di dalam gedung / interior seperti untuk dinding partisi, sekat ruangan, langit-langit atau plafon buatan, furniture, dan masih banyak lagi.
 
Alucobond
Pemasangan ACP PVDF untuk Facade Gedung Pertokoan di Surabaya







Tidak ada komentar: